Selamat datang di website resmi PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) - BUMD yang telah menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 1987.

Kontak Kami

Social Media Kami

Total aset PT. Anindya Mitra Internasional (AMI) pada tahun 2022

Media & Informasi

Total aset PT. Anindya Mitra Internasional (AMI) pada tahun 2022

Total aset PT. Anindya Mitra Internasional (AMI) pada tahun 2022, mencapai Rp 55,26 M dengan laba bersih setelah pajak sebesar Rp 1,57 M. Jumlah ini adalah tantangan Dewan Direksi baru PT AMI periode 2023 - 2028 yang baru saja dilantik oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, untuk meningkatkan laba bersih dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) DIY.

Salah satu BUMD milik Pemda DIY ini, memiliki dewan direksi baru, sebagai bentuk Organizational Recharge. Berdasarkan SK Gub. No. 369/KEP/2023, Priyatno Bambang Hernowo menduduki posisi Direktur Utama, TM. Fuad Hassan sebagai Direktur Keuangan, dan Suryo Albar sebagai Direktur Operasional. Mereka dipilih berdasarkan fit and proper test, melalui pencermatan dari aspek-aspek profesionalisme dan kompetensi, serta penjabaran visi-misi ke dalam strategic planning dan langkah-langkah operasional

Sri Sultan mengatakan, Dewan Direksi PT AMI yang menjabat melalui lelang terbuka tersebut diharapkan mampu meningkatkan nilai laba. Peningkatan laba tersebut, dapat diupayakan dengan optimalisasi berbagai aset yang dimiliki PT. AMI, antara lain Hotel Jogja Loman (Ex Prime Plaza), sebagian Hotel Maliabara, Kawasan Telogo Putri, Taman Bermain Kaliurang, Villa-Villa Di Kaliurang, Ex-Sagan Resto, Bangunan Mirota Batik, dan beberapa aset tanah atau bangunan gedung lainnya.

“Jajaran Direksi diharapkan dapat meningkatkan diversifikasi produk, meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan, meningkatkan kemampuan pemasaran, serta upaya lain yang sekiranya diperlukan untuk menjaga kesehatan ekonomi PT AMI,” kata Sri Sultan pada Kamis (09/11) di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Postingan Terkait

Baca Juga Postingan Lainnya

Oleh Admin
07 Februari 2024

Gerakan REHAT, Keberpihakan PT AMI terhadap Transportasi Publik dan Lingkungan

Gerakan Rabu Sehat (REHAT) merupakan program rutin yang dilakukan oleh PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) setiap hari Rabu, dimana seluruh Insan AMI menggunakan transportasi publik Trans Jogja dan sepeda dalam aktifitas kerja, ke dan dari kantor masing-masing.

 

Gerakan  REHAT dicetuskan oleh Direktur Utama PT AMI Priyatno Bambang Hernowo, untuk memberikan kontribusi terhadap perbaikan kualitas lingkungan di Yogyakarta dan keberpihakan kepada penggunaan transportasi publik. Berdasarkan Indeks Kualitas Udara/ Air Quality Index (AQI) per 7 Februari 2024 saja, Yogyakarta memiliki indeks sebesar 56 AQI US dan tergolong sebagai kategori polusi udara ‘Sedang’; sementara PM 2.5 yang mengukur partikel udara dengan ukuran 2,5 mikrometer sebesar 15,7µg/m³, lebih besar 3,1 kali lipat dari nilai panduan tahunan dari World Health Organization (WHO).

 

Inisiatif ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran lingkungan dengan aksi yang nyata dari PT AMI. Selain sebagai bukti kepedulian PT AMI terhadap lingkungan, Gerakan  REHAT juga menjadi sarana Insan AMI untuk menjaga kesehatan tubuh dengan aktif bergerak secara teratur. Gerakan  REHAT dimulai sejak Bulan Januari 2024.

 

Melalui Gerakan  REHAT, seluruh Insan AMI dengan kosisten telah menggunakan Trans Jogja atau sepeda mulai dari aktifitas berangkat kerja, pulang bekerja, hingga aktifitas luar kantor. Sebagai operator Trans Jogja, penggunaan transportasi publik Trans Jogja dalam Gerakan REHAT juga menunjukan keberpihakan PT AMI untuk mendukung peningkatan penggunaan transportasi publik di Yogyakarta. Diharapkan Gerakan ini akan bergulir dan menjadikan kebiasaan penggunaan Transportasi Publik, dalam hal ini Trans Jogja akan meningkat, akibat lebih lanjut adalah membuat Yogyakarta menjadi Most Livable City di Indonesia, dengan layanan dan daya dukung transportasi yang meningkat.  

Oleh Admin
20 Juli 2023

Pengumuman Seleksi Calon Anggota Direksi Perseroan Terbatas (PT) Anindya Mitra Internasional

Pengumuman Seleksi Calon Anggota Direksi Perseroan Terbatas (PT) Anindya Mitra Internasional dapat diunduh pada pranala berikut:

Persyaratan Calon Direksi

Pengumuman Calon Direksi

UNDUH DISINI

Sumber : jogjaprov.go.id

Oleh Admin
28 Februari 2024

Perayaan HUT ke-37 Tahun, PT AMI Gelar Lima Rangkaian Acara yang Berlangsung Meriah

Peringatan HUT PT AMI ke-37 telah berlangsung dengan lancar,meriah dan semoga bermanfaat. Tagline HUT PT AMI ke-37 ini adalah “Bergerak, Bertumbuh, Tebar Manfaat” yang bermakna bergerak semakin sempurna dalam operasinya, bertumbuh untuk mengembangkan unit bisnis, dan dapat memberikan kemanfaatan ekonomi serta pelayanan yang terbaik.

 

Terdapat lima rangkaian acara dalam peringatan HUT PT AMI ke-37 yang dimulai dengan Lomba Badminton dan Tenis Meja pada 24 - 26 Januari 2024. Lomba ini melibatkan seluruh Insan AMI dengan tujuan untuk menjaga semangat sportivitas antar keluarga besar PT AMI.

 

Kompetisi Inovasi diadakan sejak pemasukan proposal inovasi hingga penilaian shortlisted proposal pada 31 Januari - 2 Februari 2024 yang menjadi kesempatan bagi Insan AMI untuk berinovasi dalam pemanfaatan teknologi, perbaikan bisnis, dan peningkatan kapasitas SDM untuk kemajuan perusahaan. Lomba berlangsung dengan beberapa tahap mulai dari tahapan seleksi proposal inovasi, hingga pemaparan proposal di hadapan Direksi.

 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Senam Sehat dan Donor Darah, pada 2 Februari 2024 bertempat di Kantor PT AMI. Senam Sehat diikuti oleh seluruh Insan AMI dan pegawai dari  Dinas Pariwisata DIY. Sedangkan, kegiatan Donor Darah didukung oleh PMI Kota Yogyakarta dengan jumlah pendonor  sebanyak 54 orang.

 

Pada 3 Februari 2024, rangkaian acara HUT PT AMI ke-37 dilanjutkan dengan Bakti Sosial. PT AMI memberikan sedikit dukungan operasional berupa sejumlah uang tunai dan paket sembako untuk 3 Panti Asuhan yakni Panti Asuhan Bina Siwi, Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan, dan Panti Asuhan Sancta Maria Boro.

 

Acara Gowes Bareng bersama seluruh Insan AMI juga ikut memeriahkan rangkaian HUT yang digelar pada 7 Februari 2024. Rute sepeda berjarak tempuh kurang lebih 10 km, dimulai dari Kantor PT AMI (Jalan Janti) menuju Stadion Kridosono yang melewati beberapa aset PT AMI seperti lahan di Jalan Sukonandi dan Jalan Kompol B. Soeprato.

 

Puncak acara diselenggarakan pada 17 Februari 2024 dengan acara Employee Gathering, berlokasi di Kaliurang Park - Botanical Garden. Acara ini diawali kegiatan seremonial seperti sambutan dari Direktur Utama PT AMI, Bp. Priyatno Bambang Hernowo dan Komisaris Utama Bp. Dr. Wing Wahyu Winarno, lalu dilanjutkan dengan syukuran pemotongan tumpeng. Pemberian hadiah kepada pemenang lomba dan penampilan dari masing-masing unit/bagian juga ikut meramaikan acara ini.

 

Tamu undangan yang hadir seperti PLH Kepala Dinas Perhubungan DIY, Bp. Sumariyoto, SE, M.Si., perwakilan Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Istimewa Yogyakarta., Dewan Komisaris Utama PT AMI, Bp. Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS Ak. CA., Direktur Utama PT AMI Periode Tahun 2013-2023, Ibu Dra. Dyah Puspitasari., Komisaris Utama PT AMI Periode Tahun 2013-2022, Bp. Prof. Mudrajad Kuncoro.

 

Beberapa perwakilan mitra yang juga turut hadir seperti pihak Bank BPD DIY, pihak PT Semesta Alam Jogja, pihak PT Nusantara Global Inovasi, pihak PT Jogja Tugu Trans, pihak PT Mitra Pratama Mobilindo, pihak PT Armada Mobil Isuzu, pihak PDAB Tirtatama, pihak BUKP DIY, pihak bank BRI DIY, pihak bank BNI DIY, pihak BPR Chandra Muktiartha, pihak Jogja Wisata Istimewa, pihak PT Ashoka Arkamaya Abadi, dan pihak CV Ullon Keladi.

 

Acara Employee Gathering diakhiri dengan kegiatan bonding antar Insan PT AMI. Kegiatan bonding tersebut meliputi kegiatan outbond dan Jeep Lava Tour Merapi.

 

   

   

*Dokumentasi kegiatan outbond dan Jeep Lava Tour Merapi yang diikuti oleh seluruh Insan AMI

 

Oleh Admin
09 November 2023

Lantik Dewan Direksi Baru PT AMI, Sultan Minta Laba dan PAD DIY Ditingkatkan

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik dewan direksi baru PT. Anindya Mitra Internasional (AMI) periode 2023-2028. Dalam amanatnya Sultan meminta agar pejabat yang dilantik mampu meningkatkan laba bersih dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) DIY melalui perusahaan pelat merah tersebut.

Berdasarkan SK Gub. No. 369/KEP/2023, jabatan Direktur Utama dipegang oleh Priyatno Bambang Hernowo; Direktur Keuangan diduduki oleh TM. Fuad Hassan dan Direktur Operasional dijabat Suryo Albar. Mereka dipilih berdasarkan fit and proper test melalui pencermatan dari aspek-aspek profesionalisme dan juga kompetensi.

Sultan mengatakan pada 2022 lalu total aset dari PT. AMI mencapai Rp55,26 M dengan laba bersih setelah pajak sebesar Rp1,57 M. Jumlah ini menjadi tantangan bagi dewan direksi baru PT AMI periode 2023-2028 yang baru saja dilantik untuk ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang lewat optimalisasi berbagai aset yang dimiliki.

“Jajaran direksi juga diharapkan dapat meningkatkan diversifikasi produk, meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan, meningkatkan kemampuan pemasaran, serta upaya lain yang sekiranya diperlukan untuk menjaga kesehatan ekonomi PT AMI," kata Sri Sultan Kamis (9/11/2023).

Sultan meminta setelah dilantik jajaran direksi bergerak cepat untuk merumuskan tata hubungan kerja organ perseroan, menyusun rencana bisnis, menyusun rencana kerja perusahaan dan mempersiapkan kerja sama dengan mitra-mitra potensialnya. Semua itu harus mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Hal ini perlu dilakukan, mengingat PT AMI yang merupakan BUMD Pemda DIY yang sejak tahun 1987 telah menjadi gabungan beberapa Perusahaan Daerah. Unit bisnis PT AMI meliputi properti, transportasi, pariwisata, percetakan, air minum dan pertambangan. Tentunya kesemuanya ini adalah ujung tombak pelayanan pada kebutuhan primer masyarakat.

Direktur Utama PT. AMI Priyatno Bambang Hernowo menerangkan, ia dan tim berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada warga DIY. Menurutnya, dengan masuknya dewan direksi baru PT AMI memiliki capacity development internal untuk meningkatkan performanya. 

"Kami akan menjalankan pesan-pesan beliau [Sri Sultan] sehingga korporasi ini akan lebih baik lagi dalam hal kinerjanya. Kinerja yang utama yaitu pelayanan, kemudian aspek bisnisnya, sisi laba, sisi aset dan PAD," ujar Priyatno.

Sumber : jogjapolitan.harianjogja.com