Selamat datang di website resmi PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) - BUMD yang telah menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 1987.

Kontak Kami

Social Media Kami

Profile Perusahaan

1. Sejarah Perusahaan

Sebelum tahun 1987, Pemerintah Propinsi DIY memiliki 5 Perusahaan Daerah. Perusahaan Daerah tersebut sebagian merupakan perusahaan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda dan sebagian lainnya didirikan pada tahun 1960 s/d 1965.  Kelima Perusahaan Daerah tersebut serta bidang usahanya sebagai berikut:

  1. Perusahaan Daerah Percetakan Negeri, bergerak dibidang percetakan
  2. Perusahaan Daerah Pertambangan Mangaan, bergerak dibidang pertambangan Mangaan
  3. Perusahaan Daerah Purosani, bergerak dibidang rekayasa industri
  4. Perusahaan Daerah Arga Jasa, bergerak dibidang sarana wisata, tujuan wisata, air bersih dan properti
  5. Perusahaan Daerah Pabrik Kulit Adi Carma, bergerak dibidang industri kulit

Untuk mensinergikan kekuatan, simplifikasi pengelolaan dan efisiensi, pada tahun 1987 diterbitkan Peraturan Daerah No. 4 Tahun 1987 tentang Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa “ANINDYA” Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang bemberi amanat penggabungan 5 Perusahaan Daerah menjadi satu dalam lembaga PD Aneka Industri dan Jasa “ANINDYA” Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seiring dengan era reformasi, pada tahun 2000 Pemda Propinsi DIY memulai reformasi PD Anindya dari local business and public services oriented dengan bureaucratic management menjadi international business scope and business oriented dengan professional management. Setelah pembenahan strategic plan, core business, management dan SDM.

Pada tanggal 28 November tahun 2005 PD Anindya berubah bentuk badan hukum menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Anindya Mitra Internasional. PT  Anindya Mitra Internasional (PT AMI) merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Daerah Istimewa Yogyakarta yang bergerak di bidang barang dan jasa yang memiliki 6 unit usaha yaitu Unit Pariwisata, Unit Realty, Unit Pertambangan, Unit Percetakan, Unit Transportasi, dan Unit Air Minum.

2. Kepemilikan

a. Pemilik

  1. Pemerintah Daerah Propinsi DIY 
  2. Koperasi Bhakti Sejahtera Mandiri

b. Komposisi

  1. Pemerintah Daerah Propinsi DIY 99,97%
  2. Koperasi Bhakti Sejahtera Mandiri 0,03%

3. Dewan Komisaris

Bapak Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS., CA., Ak. sebagai Komisaris Utama
Bapak Wiyos Santoso, SE., M Acc sebagai komisaris

4. Dewan Direksi

1. Direktur Utama:Ir. Priyatno Bambang Hernowo, S.T.,M.M, MPU, IPU, ASEAN.ENG.
2. Direktur Keuangan, SDM dan Umum:TM. Fuad Hassan, S,E. M.M.
3. Direktur Operasional:Ir. Suryo Albar, S.T. M.M. IPM