Selamat datang di website resmi PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) - BUMD yang telah menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 1987.

Kontak Kami

Social Media Kami

PT AMI Sambut Visitasi BPKP: Perkuat Sinergi Pengawasan dan Tata Kelola

Media & Informasi

PT AMI Sambut Visitasi BPKP: Perkuat Sinergi Pengawasan dan Tata Kelola

Yogyakarta, 25 Agustus 2025 – PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) menyambut kunjungan kerja Deputi Akuntan Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada tanggal 21 Agustus 2025. Pertemuan yang berlangsung di Pool Purosani TransJogja ini merupakan bagian dari rangkaian Rapat Kerja Deputi Akuntan Negara yang berfokus pada tema “Agilitas Pengawasan Akuntan Negara dalam Mengawal Pembangunan Nasional.” Kunjungan strategis ini bertujuan memperkuat sinergi antara PT AMI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan lembaga pengawasan negara, dengan cara memaparkan profil dan tata kelola perusahaan.

                 

Dalam pertemuan tersebut, jajaran direksi PT AMI menyajikan profil perusahaan secara komprehensif. Pemaparan ini mencakup sejarah, lini bisnis, hingga capaian-capaian strategis yang telah diraih. Tidak hanya itu, PT AMI juga menjelaskan secara detail praktik terbaik (best practice) dan implementasi tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) yang selama ini dijalankan. Selain itu, diskusi juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi perusahaan, terutama dalam menghadapi dinamika persaingan pasar dan kondisi ekonomi nasional. Jajaran direksi juga mengidentifikasi peluang-peluang yang dapat dioptimalkan di masa depan.

Melalui pertemuan ini, PT AMI secara khusus menyampaikan harapannya untuk mendapatkan dukungan penuh dari BPKP. Dukungan tersebut diharapkan mampu menjamin peningkatan kualitas layanan, transparansi, dan akuntabilitas perusahaan. Di samping itu, PT AMI juga berupaya agar dapat beradaptasi secara lebih baik dengan perubahan dalam pembangunan nasional. Komitmen perusahaan juga diperkuat dengan tekad untuk mengoptimalkan penerapan manajemen risiko guna menjaga keberlangsungan usaha serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang adaptif dan profesional.

Pertemuan ini turut menjadi momentum penting untuk meningkatkan kolaborasi dan bertukar wawasan, terutama dalam mendukung pengawasan strategis terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sinergi ini ditujukan untuk mendorong kinerja perusahaan daerah agar semakin profesional, efisien, dan mampu memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Dengan semangat kolaborasi yang kuat, PT AMI menegaskan kembali komitmennya untuk terus menjadi BUMD yang tidak hanya berkontribusi positif melalui tata kelola yang baik, tetapi juga berperan aktif dalam mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Postingan Terkait

Baca Juga Postingan Lainnya

Oleh Admin
22 Desember 2023

Optimasi Kinerja PT AMI Melalui Penyusunan Key Performance Indicator (KPI) Tahun 2024

PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) berkomitmen untuk mengembangkan potensi Perusahaan, baik aset maupun Sumber Daya Manusia. Komitmen tersebut terlihat pada Rapat Manajemen PT AMI tentang penyusunan Key Performance Indicator (KPI) untuk tahun 2024. KPI ini menunjukan niatan untuk membentur Performance Based Company, dimana Perusahaan dinilai berdasarkan kinerja. Rapat ini diadakan pada 22 Desember 2023 yang berlokasi di Lakeswara Room Lobby Floor Loman Park Hotel, Yogyakarta.

 

Rapat manajemen PT AMI untuk penyusunan KPI tahun 2024 ini dihadiri oleh Direktur Utama, Direktur Keuangan, Direktur Operasional, Manajer Unit, Kepala Bagian, dan Kepala Seksi PT AMI.

 

Dalam pelaksanaan workshop, perwakilan setiap unit memaparkan KPI yang telah disusun menggunakan prinsip penilaian kinerja yaitu: SMART (Specific, Measurable, Agreeable, Realistic, Time bound). Teknik SMART ini memberikan batasan yang realistik dan spesifik dalam menentukan target KPI untuk masing-masing unit dan bagian pada PT AMI. Penyusunan KPI Bagian/Unit Bisnis ini merupakan cascading dari KPI Korporat yang ditetapkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran PT AMI 2024. KPI ini juga berfungsi sebagai alat ukur kinerja bagi seluruh Insan AMI, sehingga terjadi keefektifan dalam bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

Setiap bulan, PT AMI mengadakan rapat manajemen untuk melihat kesesuaian kinerja dengan target KPI yang telah disusun. Rapat manajemen ini, menjadi agenda bulanan untuk melakukan controlling dan evaluasi terhadap performa seluruh Insan AMI. Melalui pembetukan KPI menjadikan seluruh Insan PT AMI lebih tanggap dalam menyelesaikan permasalahan ataupun melihat peluang baik bagi perusahaan.

Oleh Admin
30 Agustus 2024

PT AMI Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebaran Guna Kurangi Risiko Bencana di Lingkungan Kerja

Yogyakarta, 30 Agustus 2024 – PT AMI mengadakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran di Lingkungan Kerja yang bertempat di halaman depan Kantor Holding PT AMI Jalan Janti KM 4. 

Pelatihan ini dikoordinir oleh bagian QHSE (Quality, Health, Safety and Environment) PT AMI. Menurut SPV QHSE, Bp. Andri, pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas Emergency Response Team (ERT) guna mengurangi resiko dan penanggulangan ketika terjadi kebakaran di lingkungan kerja.
 
Peserta pelatihan ini diambil dari beberapa perwakilan Internal PT AMI yakni bagian Rumah Tangga, Umum, Kerja Sama, Unit Bisnis Realty dan Satpam. 

Acara pelatihan diawali dengan pemaparan materi dasar mengenai penyebab kebakaran, cara pengendalian kebakaran, dan cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dijelaskan oleh pemateri. Tidak hanya sekedar teori, peserta pelatihan juga diajak untuk praktik langsung memadamkan api yang dilakukan menggunakan kain basah dan APAR. 

Pelatihan ini diadakan untuk memastikan bahwa karyawan PT AMI mendapatkan ketrampilan dan pengetahuan tentang prosedur standar dalam penanggulangan kebakaran, sehingga dapat terjadi respon yang efisien dan terkoordinasi dalam situasi darurat. Dengan demikian, perusahaan dapat meminimalkan risiko, melindungi keselamatan seluruh karyawan, dan menjaga produktivitas pada tempat kerja dalam situasi apapun.

Oleh Admin
07 Agustus 2025

Audiensi PT AMI ke BPKP Perwakilan DIY: Mewujudkan Tata Kelola Perusahaan yang Lebih Baik

Yogyakarta, 7 Agustus 2025 — PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) melakukan audiensi ke Kantor BPKP Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu, 6 Agustus 2025. Silaturahim ini sebagai perkenalan  dengan Kepala Perwakilan BPKP DIY yang baru, Ibu Dessy Adin. Turut hadir mendampingi jajaran BPKP, Bapak Puji Yuwono selaku Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara, serta Ibu Dian Rumastuti dan Bapak Fachri selaku Auditor Madya (Pengendali Teknis).

Dalam pertemuan tersebut, PT AMI menyampaikan komitmen untuk terus memperkuat tata kelola perusahaan melalui penerapan Good Corporate Governance (GCG) di masing-masing unit bisnis dan bagian pendukung. Penguatan kapasitas SDM dalam memastikan penerapan GCG dan Manajemen Risiko menjadi hal yang dimintakan dukungan dari BPKP kepada PT AMI melalui pelatihan dan pengembangan.

PT AMI menyampaikan organ Satuan Pengawas Internal (SPI) sebagai bagian dari penguatan penerapan GCG dan Quality Management System ISO 9001:2015. BPKP Perwakilan DIY menyampaikan dukungan untuk penerapan GCG dan Manajemen Risiko yang memastikan keberlanjutan dan kemanfaatan PT AMI untuk pemangku kepentingannya. 

Melalui audiensi ini, PT AMI menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan secara berkelanjutan melalui kolaborasi aktif dengan lembaga BPKP sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Oleh Admin
28 Februari 2024

Perayaan HUT ke-37 Tahun, PT AMI Gelar Lima Rangkaian Acara yang Berlangsung Meriah

Peringatan HUT PT AMI ke-37 telah berlangsung dengan lancar,meriah dan semoga bermanfaat. Tagline HUT PT AMI ke-37 ini adalah “Bergerak, Bertumbuh, Tebar Manfaat” yang bermakna bergerak semakin sempurna dalam operasinya, bertumbuh untuk mengembangkan unit bisnis, dan dapat memberikan kemanfaatan ekonomi serta pelayanan yang terbaik.

 

Terdapat lima rangkaian acara dalam peringatan HUT PT AMI ke-37 yang dimulai dengan Lomba Badminton dan Tenis Meja pada 24 - 26 Januari 2024. Lomba ini melibatkan seluruh Insan AMI dengan tujuan untuk menjaga semangat sportivitas antar keluarga besar PT AMI.

 

Kompetisi Inovasi diadakan sejak pemasukan proposal inovasi hingga penilaian shortlisted proposal pada 31 Januari - 2 Februari 2024 yang menjadi kesempatan bagi Insan AMI untuk berinovasi dalam pemanfaatan teknologi, perbaikan bisnis, dan peningkatan kapasitas SDM untuk kemajuan perusahaan. Lomba berlangsung dengan beberapa tahap mulai dari tahapan seleksi proposal inovasi, hingga pemaparan proposal di hadapan Direksi.

 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Senam Sehat dan Donor Darah, pada 2 Februari 2024 bertempat di Kantor PT AMI. Senam Sehat diikuti oleh seluruh Insan AMI dan pegawai dari  Dinas Pariwisata DIY. Sedangkan, kegiatan Donor Darah didukung oleh PMI Kota Yogyakarta dengan jumlah pendonor  sebanyak 54 orang.

 

Pada 3 Februari 2024, rangkaian acara HUT PT AMI ke-37 dilanjutkan dengan Bakti Sosial. PT AMI memberikan sedikit dukungan operasional berupa sejumlah uang tunai dan paket sembako untuk 3 Panti Asuhan yakni Panti Asuhan Bina Siwi, Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan, dan Panti Asuhan Sancta Maria Boro.

 

Acara Gowes Bareng bersama seluruh Insan AMI juga ikut memeriahkan rangkaian HUT yang digelar pada 7 Februari 2024. Rute sepeda berjarak tempuh kurang lebih 10 km, dimulai dari Kantor PT AMI (Jalan Janti) menuju Stadion Kridosono yang melewati beberapa aset PT AMI seperti lahan di Jalan Sukonandi dan Jalan Kompol B. Soeprato.

 

Puncak acara diselenggarakan pada 17 Februari 2024 dengan acara Employee Gathering, berlokasi di Kaliurang Park - Botanical Garden. Acara ini diawali kegiatan seremonial seperti sambutan dari Direktur Utama PT AMI, Bp. Priyatno Bambang Hernowo dan Komisaris Utama Bp. Dr. Wing Wahyu Winarno, lalu dilanjutkan dengan syukuran pemotongan tumpeng. Pemberian hadiah kepada pemenang lomba dan penampilan dari masing-masing unit/bagian juga ikut meramaikan acara ini.

 

Tamu undangan yang hadir seperti PLH Kepala Dinas Perhubungan DIY, Bp. Sumariyoto, SE, M.Si., perwakilan Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Istimewa Yogyakarta., Dewan Komisaris Utama PT AMI, Bp. Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS Ak. CA., Direktur Utama PT AMI Periode Tahun 2013-2023, Ibu Dra. Dyah Puspitasari., Komisaris Utama PT AMI Periode Tahun 2013-2022, Bp. Prof. Mudrajad Kuncoro.

 

Beberapa perwakilan mitra yang juga turut hadir seperti pihak Bank BPD DIY, pihak PT Semesta Alam Jogja, pihak PT Nusantara Global Inovasi, pihak PT Jogja Tugu Trans, pihak PT Mitra Pratama Mobilindo, pihak PT Armada Mobil Isuzu, pihak PDAB Tirtatama, pihak BUKP DIY, pihak bank BRI DIY, pihak bank BNI DIY, pihak BPR Chandra Muktiartha, pihak Jogja Wisata Istimewa, pihak PT Ashoka Arkamaya Abadi, dan pihak CV Ullon Keladi.

 

Acara Employee Gathering diakhiri dengan kegiatan bonding antar Insan PT AMI. Kegiatan bonding tersebut meliputi kegiatan outbond dan Jeep Lava Tour Merapi.

 

   

   

*Dokumentasi kegiatan outbond dan Jeep Lava Tour Merapi yang diikuti oleh seluruh Insan AMI