Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Taman Kaliurang

blog post image

TAMAN  KALIURANG

Berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Kaliurang kini menjadi sebuah kawasan wisata alam dan budaya yang memikat, serta menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi keluarga.

Bersantai dengan keluarga, orang tua bisa bersantai sambil mengawasi anak-anak bermain di Taman Rekreasi Kaliurang. Di dalam taman seluas 10.000 meter persegi anak-anak bisa bermain ayunan, perosotan, atau berenang di kolam renang mini. Selain itu di taman yang dihiasi oleh patung jin ala kisah 1001 malam dan beberapa jenis hewan ini, anak-anak juga bisa bermain mini car atau memasuki mulut patung seekor naga yang membentuk lorong kecil dan berakhir di bagian ekornya.

Sekitar 300 meter ke arah timur laut dari taman rekreasi terdapat Taman Wisata Plawangan Turgo. Di kawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan. Bermain ayunan atau bercanda bersama keluarga di taman bermain yang berada di dalam taman wisata, rasa lelah akan lebur dalam rimbunnya taman perhutani.

Melangkahkan kaki menyusuri sisi timur, melihat beberapa ekor monyet yang berloncatan dan berayun di dahan, menikmati kicau burung di jalur berbatu susun dan tangga berundak di jalan menanjak sejauh 900 meter; mungkin akan sedikit melelahkan, tetapi pemandangan Gunung Merapi di saat cuaca cerah dari Bukit Pronojiwo, akan menggantikan rasa lelah dengan kekaguman. Pada perjalanan ke puncak Pronojiwo,

Bila ingin merasakan sejuknya angin dan heningnya malam kami juga menyediakan berbagai villa Sri Kahono dan Sri Sasono, bungalow, pesanggrahan atau pondok wisata bisa menjadi pilihan dengan tarif yang terjangkau

Sebelum pulang pastikan untuk membawa sedikit oleh-oleh yang dijajakan. Mulai dari buah-buahan produksi petani lokal hingga makanan khas yakni tempe dan tahu bacem serta jadah (makanan yang terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa).

Hamparan hijau di kaki gunung, udara sejuk dan segala paket kemewahan alamnya, akan meredakan segala kepenatan dan memberikan kesegaran dari hiruk pikuknya perkotaan.

 

Fasilitas dan Permainan

Outbound

Menghabiskan waktu bersama keluarga di Taman Kaliurang akan lebih menyenangkan apabila mencoba wahana yang satu ini. Outbound Taman Kaliurang disediakan tidak hanya untuk dewasa, melainkan juga untuk anak-anak.
Kami menyediakan fasilitas outbound flying fox dan high rope dengan harga yang tentunya tidak menguras kantong. Jika Anda beserta keluarga ingin bermain sembari menguji adrenalin, maka wahana yang satu ini cocok untuk dicoba.

Flying Fox

Game outbound flying fox dengan cara meluncur dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Jalur lintasan game outbound flying fox dewasa sepanjang 150 meter berupa kawat baja yang disebut sling. Game outbound flying fox di Taman Kaliurang menggunakan double sling. yaitu sling bagian atas ukuran 9 milimeter dan sling bagian bawah ukuran 10 milimeter dimana masing-masing sling mampu menahan beban sampai 1,5 ton. Penggunaan double sling ini bertujuan untuk keamanan ganda (double safety). Pada sling kemudian dipasang pulley yaitu alat yang didalamnya terdapat roda sehingga peserta dapat meluncur. Pada sling bawah dipasang double pulley dan pada sling atas dipasang single pulley. Double pulley memiliki dua buah roda sedangkan single pulley memiliki satu buah roda. Single pulley dan double pulley ini masing-masing mampu menahan beban seberat 3 ton. Sebagai pengaman, pada peserta dipasang double webbing yang mampu menahan beban sampai 300 kilogram. Jadi bermain game outbound flying fox di Taman Kaliurang terjamin keamanannya. Harga untuk flying-fox dewasa Rp 25.000,- dan untuk anak Rp 15.000,-.

Terapi Ikan

Memasuki area wisata Taman Kaliurang tidak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi wahana gratis yang satu ini. Kolam terapi ikan yang terletak di tengah-tengah taman, teduh dengan banyaknya pohon rindang, suara burung-burung berkicau, hingga pemandangan langsung pada gunung Merapi tentu akan memberikan rasa relaksasi bagi pengunjung-pengunjung yang lelah akan hiruk pikuknya kota.
Tidak sampai di situ, di sekeliling kolam terdapat track yang didesain khusus untuk terapi kaki. Anda beserta keluarga dapat menikmati sensasi terapi ikan mau pun terapi kaki yang ditawarkan gratis pada taman yang rimbun ini.

Highrope

Untuk melatih adrenalin pada anak, high rope atau sering di sebut jembatan tali merupakan solusinya. Jembatan berupa satu buah sling kawat baja 12 milimeter sepanjang + 500 meter. Sling baja ini sebagai pijakan yang membentang dari awal ke ujung lintasan di atas ketinggian 5 meter. Di bagian tengah setinggi dada peserta terdapat tali yang membentang sebagai pegangan bagi peserta.
Jembatan tali dua menggunakan double sling dimana masing-masing sling mampu menahan beban seberat 1,5 ton. Tujuan game outbound jembatan tali adalah melatih keseimbangan berjalan di atas tali, melatih keberanian berada di atas ketinggian dan membangun rasa percaya diri peserta. Untuk dapat menikmati wahana ini pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 8000,-/ orang

Camping Ground

Berwisata di kawasan wisata Kaliurang akan terasa lebih lengkap apabila bermalam dan merasakan sensasi dinginnya malam langsung di alam kaki gunung Merapi. Masih di area taman wisata Taman Kaliurang, camping ground dengan luas tanah kurang lebih 1 hektar menawarkan lokasi yang dapat digunakan untuk camp bersama-sama.
Dengan lokasi yang strategis karena berdekatan dengan destinasi wisata lain seperti Telogo Putri, Goa Jepang, Gardu Pandang, Ulen Sentalu, dll, camping ground Taman Kaliurang juga bertempat tidak jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga tidak akan kesulitan bagi pengunjung untuk menemukan warung makan atau pun kelontong. Dengan harga sewa yang tidak menguras kantong, camping ground Taman Kaliurang menyediakan fasilitas mulai dari kamar mandi, sewa peralatan camp, hingga asuransi Jasa Raharja Putra.
Berjalan-jalan di malam hari, api unggun serta menikmati segarnya udara alam tentunya akan memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri. Camping ground Taman Kaliurang merupakan destinasi tepat untuk menghabiskan malam dengan menyatu dengan alam.

Patung Buto Ijo

Cerita Di Balik
PATUNG BUTO IJO
Alkisah, Raja Jenggala berburu ke hutan bersama permaisuri dan selirnya. Karena  selir Raja tidak menyukai permaisuri, dibuanglah permaisuri bersama 5 anaknya, yakni Jempol, Jentik, Welas, Bujel, dan Tunggul di hutan.Sewaktu mereka mencari makan, 5 anak itu terpisah dari ibunya. Saat itulah mereka ditemukan oleh istri Buto Ijo yaitu Nini Buto Ijo, lalu dibawa kerumahnya dan dikurung di keranjang.
Buto Ijo yang melihat 5 anak itu ingin memakannya. Namun karena masih terlalu kecil, mereka untuk sementara waktu tinggal di sana sambil membantu Nini bertanam, memasak dan mencari kayu bakar.
Setelah mereka besar, Nini yang terlanjur menyayangi 5 anak itu menjadi jatuh kasihan kepada mereka. Ninipun mencari berbagai cara agar bisa membebaskan mereka. Setelah memutar otak, maka ingatlah Nini akan kesaktian Buto Ijo, bahwa sepasang sepatu milik Buto Ijo bisa terbang. Nini menyampaikan hal tersebut kepada 5 anak itu agar mereka bisa melarikan diri.
Maka, saat Buto Ijo sedang tertidur, Jempol pun mengajak adik-adiknya mencuri sepatu tersebut. Akhirnya, setelah melalui berbagai kesulitan mereka berhasil mengambil sepatu kanan milik Buto dan terbang melarikan diri.
Selepas kejadian itu, mereka mencari ibunya yang dulu terpisah di hutan. Alangkah terkejutnya mereka ketika menemukan ibu mereka sudah tidak bisa melihat lagi karena matanya diambil oleh selir jahat itu. Namun mereka tetap berbahagia karena sudah berkumpul kembali dengan ibunda trecinta.
Pesan Moral :
  • Ketulusan hati 5 anak itu dalam membantu Nini, telah berhasil menggugah nurani Nini Buto Ijo sehingga membebaskan mereka.
  • Keberanian dan kesungguhan dalam mengatasi kesulitan akan membawa keberhasilan.
  • Kejahatan tidak akan pernah abadi di dunia ini.

Sepeda Kayuh

Atraksi yang satu ini.....memang khusus buat adik-adik!!!
Bayangkan ........pemandangan di sekitar area kolam ikan dan high rope bisa dilihat ketika menaiki sepeda ini, sangat menyenangkan untuk dicoba!!!!....
Tidak perlu ragu-ragu harga permainannya pun tidak mahal hanya Rp 5.000,- adik-adik sudah bisa menggunakannya..........naiklah sepeda kayuh ini lalu kayuh pedal dan kendalikan dengan steering yang ada ditanganmu.......pasti akan menjadi satu pengalaman yang mengasyikan buat adik-adik........
Jangan lupa ceritakan pengalaman serumu kepada teman-temanmu yang lain......
SAMPAI JUMPAAAA.....

Panggung Bundar

Panggung bundar dipersiapkan untuk pertunjukan seni bagi seniman muda seperti musik, teater dan puisi. Panggung yang terletak di dalam Taman Kaliurang ini mempunyai kapasitas penonton yang fleksibel. Dengan menyuguhkan konsep alami dan natural penonton dapat menikmati pertunjukan dengan santai. Bagai yang ingin membuat pertunjukan di panggung ini hanya perlu menghubungi pihak pengelola taman dan membayar tiket masuk. Fasilitas lainnya dapt dibantu oleh petuga dengan budget menyesuakan kebutuhan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas pertunjukan seperti sound, genset, lighting dan perlengkapan lainnya karena akan di bantu pihak pengelola taman.

Agar pengunjung merasa lebih nyaman, pengelola Taman Kaliurang menyediakan berbagai fasilitas umum, seperti:

Papan Informasi
Di pintu masuk Taman Kaliurang, pengunjung dapat membaca informasi berkaitan dengan pelayanan Taman Kaliurang serta informasi lain yang dibutuhkan;

Shelter
Beberapa bangunan sederhana beratap tanpa dinding disediakan bagi pengunjung untuk berteduh jika dibutuhkan di saat hujan atau dapat juga digunakan sebagai tempat berkumpul pengunjung dan beristirahat sejenak setelah lelah berjalan-jalan menikmati keindahan taman;

Mushola
Taman Kaliurang dilengkapi dengan mushola agar pemeluk agama Islam dapat tetap menjalankan kewajibannya di saat mereka menikmati liburan bersama sahabat/keluarganya di Taman Kaliurang;

Panggung Melingkar
Di sisi barat Taman Kaliurang, terdapat panggung berbentuk lingkaran yang dapat dimanfaatkan pengunjung rombongan untuk menggelar pertunjukan dan hiburan sebagai bagian dari kegiatan internal kunjungan wisata mereka ke Taman Kaliurang;

Toilet
Taman Kaliurang juga menyediakan toilet di beberapa titik di dalam Taman Kaliurang untuk kenyamanan pengunjung Taman Kaliurang;


Jam Buka & Tiket

Jam Operasional Taman Kaliurang:
Senin – Jumat 08:00 – 16:00 wib
Sabtu – Minggu atau Hari Libur/Besar 06:00 – 18:00 wib

Harga Tiket Masuk Taman Kaliurang:
Rp 8.000 (Dewasa/Anak)

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di:

Kantor Unit Pariwisata
PT Anindya Mitra Internasional

Jl. Pelajar, Kaliurang, Hargobinangun
Kec. Pakem, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta

Telp. (0274) 895 202