Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Tlogo Putri

blog post image

Tlogo Putri merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan Kaliurang. Tepatnya terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di kawasan wisata ini terdapat sebuah danau yang walaupun kecil, namun tetap dapat kita nikmati keindahannya. Di samping danau, terdapat sebuah panggung yang biasa dipakai dalam berbagai acara seperti wayangan, dangdutan dan kegiatan lainnya. Pengelola kawasan wisata ini sering mengadakan acara pentas seni pada hari Minggu. Jadi lebih baik kita datang pada hari Minggu bila ingin menikmati acara di sini.

Kawasan Kaliurang yang cukup luas memberikan berbagai pilihan kegiatan yang bisa kita lakukan disini. Bila kita ingin menikmati suasana alam yang masih asri, kita bisa menyempatkan diri untuk masuk lebih dalam ke kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani. Untuk memasuki kawasan ini kita hanya ditarik biaya masuk yang tidak besar. Dan pada saat memasuki kawasan hutan, kita akan disambut oleh kedatangan gerombolan monyet yang ada di sini. Walaupun mereka sering meminta makanan yang dibawa oleh wisatawan, tetapi monyet-monyet ini tidak agresif. Sepertinya mereka sudah terbiasa dengan kedatangan wisatawan di kawasan ini.

Air Terjun Tlogo Muncar

 

Setelah memasuki jalan setapak yang tidak terlampau jauh, kita akan sampai di lokasi Air Terjun Tlogo Muncar. Sayang ketika saya berkunjung sedang musim kemarau, jadi debit airnya sangat sedikit. Tetapi hal ini tidak begitu mengganggu keindahan air terjun yang katanya pernah dipakai mandi oleh seorang putri Kerajaaan Majapahit bernama Dewi Candrakirana ini. Berada di sekitar Tlogo Muncar memberikan ketenangan tersendiri. Sejuknya udara, serta rimbunnya pepohonan menjadikan nuansa alami sangat terasa disini. Dan bila kita ingin beristirahat sejenak, kita dapat duduk-duduk di taman dan ayunan yang disediakan, sembari melihat gerombolan monyet yang berkeliaran. Nilai lebih kawasan ini adalah adanya papan nama jenis pohon yang ada di banyak pohon di sini. Hal ini tentunya akan menambah pengetahuan kita tentang ragam flora yang ada.

Tetapi bila kita malas berjalan kaki, kita bisa menyewa mobil jeep untuk mengantar kita berkeliling hingga kawasan Lava Tour dengan kisaran harga sewa 250 ribu rupiah pada hari biasa dan 300 ribu rupiah pada hari libur. Menyusuri kawasan kaliurang dengan menggunakan jeep kap terbuka tentunya memiliki keasyikan tersendiri. Selama di perjalanan kita bisa menikmati kawasan asri kaliurang dan melihat sisa-sisa bencana letusan gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 lalu.Untuk wisatawan yang datang berombongan, kita juga bisa menyewa kereta mini yang bentuknya cukup unik .

Tlogo Putri Kaliurang  Tempat Wisata Keluarga di Jogja

Tlogo Putri Kaliurang Wisata Jogja

 

Tlogo Putri Kaliurang sebagai tempat wisata yang menarik merupakan perpaduan antara wisata air dan wisata alam yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman. Tlogo Putri Kaliurang adalah sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat juga beberapa wahana permainan disekitar embung seperti flying fox, ayunan, bianglala, jungkat jungkit dan beberapa permainan lainnya.

Terdapat banyak pilihan aktivitas wisata yang ditawarkan di Tlogo Putri. Mulai dengan jalan-jalan untuk mencari tempat duduk yang enak untuk melepas kepenatan, naik kano, becak air, bermain jungkat-jungkit dan ayunan, bermain fliying fox, naik bianglala atau hanya sekedar foto-foto saja untuk mencari obyek yang menarik. Ditempat ini juga terdapat segerombolan monyet yang sering menampakkan diri dan tidak terganggu dengan kedatagan para wisatawan. Monyet tersebut tidak akan mengganggu kecuali diganggu lebih dahulu.

Tlogo Putri Kaliurang di kawasan Lereng Selatan Gunung Merapi

Kawasan Kaliurang

 

Tlogo Putri terletak di kawasan lereng Selatan Merapi dan satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang dikelola oleh Perhutani. Terdapat juga jalur tracking dengan berjalan kaki memasuki hutan dengan menyusuri jalan setapak sampai akhirnya sampai di obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau di Air terjun Tlogo Muncar.

Pertunjukan seni juga sering diadakan di tempat ini. Seni yang digelar secara bergantian yang menampilkan grup-grup kesenian seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, kubro siswo, orkes melayu, dangdutan, pentas di sebiah panggung yang berada di Tlogo Putri. Bagi yang akan menyaksikan pertunjukan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Puas berjalan-jalan, tentunya perut akan terasa lapar. Tetapi jangan khawatir, di sini terdapat berbagai makanan khas yang bisa kita nikmati. Terdapat banyak warung yang menyediakan menu-menu seperti jadah tempe, nasi pecel, dan sate kelinci. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal tentunya. Jadi, kawasan wisata Tlogo Putri ini bisa menjadi pilihan liburan kita sekeluarga yang tidak menguras kantong